Selasa, 15 Januari 2013

MENGKAJI SISEM BANHAN BAKAR PADA MESIN MITSUBISHI KUDA GLX 2000



Nama Disel
Penemu motor Disel adalah seorang ahli dari Jerman yang bernama Rudolf Disel. Ia mendapat hak paten untuk mesin Disel pada tahun 1892, tetapi mesin Disel tersebut baru dapat di oprasikan dengan baik pada tahun 1897.
Tujuan Rudolf Disel
·         Meningkatkan rendemen motor (rendemen motor bensin = 30% rendemen motor Disel = 40-51%)
·         Menukar system pengapian dengan system penyalaan sendiri, karena system pengapian motor bensin pada saat itu belom baik.
·         Mengembangkan sebuah mobil yang dapat di oprasikan dengan bahan bakar yang lebih murah di bandingkan bensin.
Motor yang digunakan oleh motor bensin dan motor Disel berjenis gerak bolak-balik (reciprocating engine). Motor ini memiliki komponen dasar terdiri dari mekanisme engkol dan piston yang memiliki komponen-komponen utama berupa ; silinder, piston, batang piston dan poros engkol. Dari mekanisme tersebut terbentuklah suatu ruang yang terdapat diatas piston yang sering di sebut dengan ruang bakar.
Perinsip kerja pada motor disel adalah mengubah energi panas menjadi energy gerak. Panas yang terdapat pada motor bensin diperoleh dari proses pembakaran yang terdapat didalam motor. Karena itulah motor dapat bekerja, pada motor disel torak hanya menghisap udara, kemudian di mampatkan/di tekan oleh piston sampai mencapai tekanan yang bersuhu tinggi, sesaat sebelum piston mencapai Titik Mati Atas (TMA), bahan bakar diinjeksikan melalui injector/nozel. Karna itulah tekanan dan suhu udara di dalam ruang bakar menjadi sangat tinggi, maka partikel-partikel bahan bakar dapat terbakar dengan sendirinya, maka diusahakan agar memiliki perbandingan kompresi mencapai 15-22 dan suhu udara kompresi kira-kira sebesar 6000 C.
A.    Jenis Sistem Bahan Bakar
Pada mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000 Spesifikasi Mesin dapat dilihat pada tabel berikut :
Descreption
Ket
Engine
Type
No.of cylinder
Engine Displacement cc
4G15-12 Valve SOHC4,in-line
1.468

Fuel
Fuel system
Fuel Type
Fuel tank capacity
MPI
Gasoline
46.5 liter

Transmision
Clutch Type
Transmision type
Singgle Dry Plate
5-speed manual

Chasis
Chasis Type
Sreering
Brake Type
Suspension type
Chasis frame
Rack and pinion
Ventylated disc
Mack Pherson strut


Jadi, sisem bahan bakar pada mesin ini menggunakan pompa injeksi tipe In-Line. Bahan bakar yang ada di dalam tangki di tekan oleh pompa injeksi kedalam ruang bakar melalui injector/nozel seperti pada gambar di bawah ini.
B.     Nama Komponen Dan Fungsi Sistem Bahan Bakar.
Pada motor Disel yang saat ini digunakan memiliki dua jenis pompa injeksi, yaitu sestem bahan bakar dengan pompa injeksi In-Line dan system bahan bakar dengan pompa injeksi distributor. Motor disel yang di gunakan oleh mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000 menggunakan pompa injeksi tipe In-Line. Jadi yang kita kaji adalah system bahan bakar motor disel yang menggunakan pompa injeksi tipe In-Line saja.
1.      Tangki Bahan Bakar
Tangki bahan bakar berfungsi sebagai tempat penampung bahan bakar. Tangki bahan bakar harus terbuat dari bahan yang tahan terhadap korosi atau terbuat dari bahan baja yang telah terlapisi anti karat.
Tangki bahan bakar tidak boleh bocor dan tahan terhadap beban minimal 0.3bar, dan tahan terhadap getaran yang ditimpulkan pada saat kendaraan berjalan getaran ini disebut getaran mekanis. Tangki bahan bakar juga harus di tempatkan pada tempat yang aman atau jauh dari motor agar terhindar dari bahaya kebakaran.
Didalam tangki bahan bakar terdapat komponen fuel sender guage yang memiliki fungsi untuk mengetahui jumlah bahan bakar yang terdapat didalam tangki.
Tangki bahan bakar memiliki peredam goncangan yang di sebut separator. Separator berfungsi sebagai damper disaat kendaraan kendaraaan berjalan, berhenti secara tiba-tiba dan melintasi jalannan yang tidak rata. Saluran hisap yang terdapat didalam tangki harus ditempatkan 2-3 cm dari dasar tangki ini memiliki fungsi untuk mencegah agar kotoran tidak ikut terhisap kedalam sitem aliran bahan bakar.
2.      Filter/saringan Bahan Bakar (fuel filter)
Filter bahan bakar berfungsi untuk menyaring kotoran yang ikut terhusap dari tangki bahan bakar. Filter bahan bakar dapat mempengaruhi usia koponen-koponen pada system bahan bakar motor disel. Jadi bahan bakar harus bersih/tidak terdapat kotoran-kotoran material sebelum masuk kedalam pompa injeksi dan nozel.
3.      Pompa Pengalir (feed pump)
Pompa pengalir berfungsi untuk menghisap bahan bakar dari tangki dan menekannya ke pompa injeksi melalui fuel filter. Feed pump adalah single-acting pump yang dipasang pada bagian sisi pompa injeksi. Manual pump juga dipasang di sini untuk mengeluarkan udara dari saluran bahan bakar bila diperlukan sebelum motor dihidupkan.
Cara kerja pompa pengalir
Pompa pengalir digerakkan oleh camshaft/poros nok pompa injeksi yang menyebapkan piston bergerak bolak-balik sehingga dapat menghisap dan menekan bahan bakar. Padasaat camshaft (1) tidak mendorong tappet roller (2) piston (4) mendorong push rod (5) kebawah karena adanya tegangan piston spring (6) pada saat itu volume pada pressure chamber (7) membesar dan membuka inlet valve (5) untuk menghisap bahan bakar.
Camshaft terus berputar dan kadang-kadang mendorong piston melalui tappet roller dan push rod.
Naiknya piston menekan bahan bakar didalam pressure chamber, menutup inlet valve (8) dan bahan bakar dikeluarkan dengan tekanan.
Sebagian bahan bakar yang dikeluarkan memasuki pressure chamber (9) yang terletak di belakang piston. Bila tekanan bahan bakar (tekanan pengeluaran) di belakang piston naik mencapai 1,8-2,2 kg/cm2 (25-31 psi, 177-261 kpa) maka twgangan pegas tidak cukup kuat untuk menurunkan piston. Akibatnya, piston tidak dapat lagi bergerak bolak-balik dan pompa berhenti bekerja.
4.      Pompa Injeksi Tipe In-Line
Pompa injeksi berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke nozel injector dengan cara feed pump menghisap bahan bakar dari tangki bahan bakar dan menekan bahan bakar yang telah tersaring oleh filter ke pompa injeksi. Rumah pompa injeksi terbuat dari bahan aluminium tuang (besi tuang).
Pompa injeksi tipe in-line mempunyai cam dan plunger yang jumlahnya sama dengan jumlah silinder pada motor. Cam menggerakan plunger sesuai dengan firing order motor. Gerak lurus bolak balik dari pluger ini menekan bahan bakar dan mengalihkannya ke injection nozzle melalui delivery valve.
Delivery valve memegang dua peranan penting : mencegah aliran bahan bakar balik dari saluran bahan bakar ke daerah plunger dan menghisap bahan bakar dari nozzle untuk menghentikan injeksi dengan cepat.
Plunger dilumasi oleh bahan bakar dan camshaft oleh minyak pelumas mesin. Governor mengatur banyaknya bahan bakar yang di semprotkan oleh nozzle dengan menggeser control rack. Governor dibedakan dalam dua tipe yaitu : simple mechanical centrifugal governor dan combined governor  yang merupakan kombinasi antara pneumatic governor dengan mechanical centrifugal governor. Timing injeksi bahan bakar diatur oleh automatic centrifugal timer. Timer mengatur putaran camshaft.
Mesin mati jika control rack digerakkan kearah akhir bahan bakar.
5.      Injection Nozzel
Injection nozzle berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar kedalam ruang bakar. Nozzle terdiri dari nozzle body dan needle. Cara kerjanya adalah nozzle menyemprotkan bahan bakar dari pompa injeksi kedalam silinder dengan tekanan tertentu untuk mengatomisasi bahan bakar secara merata.
Pompa injeksi adalah jenis katup yang dikerjakan dengan sangat presisi dengan toleransi 1/1000 mm (1/40in). oleh karena itu, bila nozzle perlu diganti maka nozzle body dan needle harus diganti secara bersama-sama.
Nozzle harus dilumasi dengan solar. Nozzle holder memegang nozzle dengan retaining nut dan distance pince. Nozzle holder terdiri dari adjudting washer yang mengatur kekuatan tekanan pegas untuk menentukan tekanan membukanya katup nozzle.
Cara kerja nozzle :
·         Sebelum penginjeksian
Bahan bakar yang bertekanan tinggi mengalir dari pompa injeksi melalui saluran minyak pada nozzle holder menuju oli pool pada bagian bawah nozzle body.
·         Penginjeksian bahan bakar
Bila tekanan bahan bakar pada oli pool naik, ini akan menekan permukaan ujung needle. Bila tekanan ini melebihi kekuatan pegas, maka nozzle needle akan terdorong keatas oleh tekanan bahan bakar dan nozzle needle terlepas dari nozzle body seat. Kejadian ini mengakibatkan nozzle menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar.
·         Akhir penginjeksian
Jika pompa injeksi berhenti mengalirkan bahan bakar, maka tekanan bahan bakar akan turun dan tekanan pegas (pressure spring) mengembalikan nozzle needle ko posisi semula. Pada saat ini needle tertekan kuat pada nozzle body seat dan menutup saluran bahan bakar.
Sebagian bahan bakar tersisa diantara nozzle needle dan nozzle body, antara pressure pin dan nozzle holder dan lain-lain, melumasi semua komponen dan kembali ke over flow pipe.
Seperti terlihat diatas, nozzle needle dan nozzle body membentuk jenis katup untuk mengatur awal dan akhir injeksi bahan bakar dengan tekanan bahan bakar.
C.     Cara Kerja Sistem Bahan Bakar Mitsubishi Kuda GLX 2000
Cara Kerja Sistem Bahan Bakar pada Mitsubishi Kuda GLX 2000 sama dengan system bahan bakar pada moror disel pada umumnya yang menggunakan tipe in-line yaitu, feed pump menghisap bahan bakar dari tangki bahan bakar. Bahan bakar disaring oleh fuel filter dan kandungan air yang terdapat pada bahan bakar dipisahkan oleh fuel sedimenter sebelum dialirkan ke pompa injeksi bahan bakar. Rakitan pompa injeksi terdiri dari pompa injeksi, governor, timer dan feed pump. Dengan di gerakan oleh mesin, pompa injeksi menekan bahan bakar dan mengalihkannya melalui delivery line ke injection nozzle, dan selanjutnya diinjeksikan ke dalam silinder menurut urutan pengapian.
D.     Perawatan Dan Perbaikan
1.      Memeriksa Pompa Bahan Bakar / Pompa pengisi (feed pump) Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000
      Tujuan pemeriksaan pada feed pump yaitu untuk mengetahui tersendat tidaknya aliran bahan bakar pemeriksaan saluran bahan bakar dan dari kemungkinan bocor, dan untuk mengurangi atau menambah jumlah injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar.
      Peralatan yang digunakan untuk pemeriksaan kunci pas atau ring 8,9,12,13,16,17,obeng min ples kunci shock 12,13 dan kompresor. Alur pembongkarannya sebagai berikut :
·         Pengetesan kebocoran
Saluran keluar pompa pengisi (feed pump) disumbat dan saluran masuk disambung dengan selang dari kompresor.Saluran masuk pompa pengisi (feed pump) diberi tekanan kompresor sebesar 2 kg/cm2 (28,45 psi). Kemudian feed pump dimasukkan ke dalam bejana yang berisi solar. Kondisi feedpump dikatakan baik bila tidak ada udara yang keluar di sekitar lubang tapet.
·         Pengetesan kerja pengisapan
Saluran pompa pengisi (feed pump) dihubungkan dengan selang yang memiliki diameter 8 – 10 mm dan panjang 2 m.Ujung yang lain dari selang dimasukkan ke dalam oli ringan yang terletak 1 meter di bawah pompa pengisi (feed pump).
Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam pengetesan ini yaitu :
ü  Gerakkan pompa priming ke atas dan ke bawah pada 60 – 100 langkah per menit. Pada saat tersebut bahan bakar harus terpompa dalam 30 langkah.
ü  Jalankan pompa pengisi dengan jalan memutar camshaft pompa pada 150 rpm. Pada saat tersebut bahan bakar harus terpompa dalam 40 detik.
Hasil Pengetesan yang telah dilakukan akan dapat diketahui kondisi dari feed pump. Bila hasil pengetesan menunjukkan ada gangguan pada feed pump, maka feed pump perlu dibongkar.
2.      Memeriksa Pompa injeksi Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000
Pompa injeksi yang digunakan mesin diesel Mobil Mitsubishi kuda Diesel GLX 2000 adalah pompa injeksi tipe inline dimana injection pump memiliki sebuah plunger dan sebuah delivery valve pada tiap-tiap selinder.Injection pump mendorong bahan bakar masuk ke dalam injection nozzle dengan tekanan dan dilengkapi dengan sebuah mekanisme untuk menambah atau mengurangi jumlah bahan bakar yang dikeluarkan dari nozzle.
Tujuan pemeriksaan pompa injeksi yaitu pemeriksaan elemen pompa dari kemungkinan berkarat atau cacat, pemeriksaan dari kemungkinan adanya penyumbatan dan pemeriksaan viskositas dan banyaknya minyak pelumas dalam tangki bahan bakar.
Peralatan yang digunakan untuk pemeriksaan pompa injeksi yaitu kunci pas atau ring 8,9,12,13,16,17,obeng min ples kunci shock 12,13 dan tang. Alur pembongkaran pompa injeksi :
Cara pemeriksaan pompa injeksi yaitu a.Kendorkan sekerup pembuangan  udara,gerakan batang pompa pengisi ke atas dan ke bawah  dengan  tangan,bila batang pompa tidak dapat digerakkan dengan tangan,berarti saluran BBM tersumbat.Bila batang pompa dapat digerakkan,tetapi BBM tidak mengalir keluar dari lubang sekrup pembuangan udara,maka pompa injeksi rusak.Bila batang pompa dapat digerakkan dan BBM mengalir keluar ,maka saluran  BBM dan pompa injeksi dalam keadaan baik..Bila saluran bahan bakar dan pompa injeksi masih baik,kemungkinan gangguan  pasokan BBM disebabkan oleh udara atau air yang terjebak dalam saluran BBM.
Standar pemeriksaan pompa injeksi yaitu 1,8 -2,2 kg/cm atau ( 25-31 psi,177-216 kpa ). Dari Hasil pemeriksaan ini dapat dilihat dari adanya buih yang keluar dari lubang sekerup pembuang udara.maka supaya pompa injeksi dapat dipergunakan Udara atau air tersebut dapat dihilangkan dengan terus menggerakkan pompa sampai hilang.
Salah satu gangguan yang terjadi pada pompa injeksi adalah gerakan control rack yang tidak sempurna. Langkah control rack harus diperiksa untuk mengetahui kondisi rack masih baik atau tidak.Pemeriksaan langkah control rack yang harus dilakukan yaitu :
·         Lepaskan delivery valve spring dan stopper dari delivery valve holder.
·         Berilah oli pada injection pump dan keluarkanlah semua angin dalam fuel system (air bleeding).
·         Tekan control rack ke arah governor dengan penuh, kemudian lepaskan. Rack dalam keadaan baik jika dapat kembali dengan baik dan lancar.
Kesimpulan Bahan bakar yang disalurkan ke pompa injeksi,dialirkan terus ke pipa tekanan tinggi oleh elemen pompa ,Bahan bakar terkompresikan dengan tekanan tinggi oleh plunger mendorong delivery valve ke atas dan bahan bakar menyembur keluar.
3.      Memeriksa Nozzle Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000
Secara garis besar nozzle dapat dibagi atas model lubang dan model pin. Model nozzle sangat menentukan bagi proses pembakaran dan bentuk ruang bakar. Jenis lubang umumnya digunakan untuk mesin semprotan langsung, sedangkan model pin umumnya digunakan untuk mesin yang mempunyai ruang bakar muka dan ruang bakar model pusar. Untuk mesin diesel Mitsubishi kuda GLX 2000 menggunakan nozzle jenis lubang (nozzle hole).
Tujuan pemeriksaan nosel yaitu untuk mengetahui jumlah bahan bakar yang disemprotkan dan mengatur tekanan penyemprotan.
Peralatan yang digunakan untuk pemeriksaan yaitu kunci pas atau ring 8,9,12,13,16,17dan nosel tester. Alur prmbongkaran nosel sebagai berikut :
Cara memeriksaan nosel yaitu Periksalah pipa penghubung antara pompa injector dan nosel, Periksa nosel, Jika tersumbat atau kotor,bersihkan.Untuk mengetahui nosel bekerja dengan baik atau tidak,diperlukan alat khusus yaitu nosel tester.Oleh karena itu,pemeriksaan tidak dapat dilakukan sendiri ( harus dibengkel khusus ).barangkali ada kebocoran,kencangkan jika ada baut yang longgar. periksa sambungan-sambungan antara governor dan pompa, Periksalah penyemprotan nozzle. Kendorkan fitting antara pemegang katup delivery dan pipa tekanan tinggi dan kemudian setiap pemegang katup dari kemungkinan bocor. Jika bocor, katup pemberi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Nyalakan mesin kendorkan mur pengencang pipa bahan bakar pada salah satu nosel,biarkan BBM menetes dari mur.
Pengujian kebocoran nozzle adalah sebagai berikut Setelah nozzle terpasang pada nozzle tester, stel nozzle tester dengan tekanan yang telah ditentukan. Tekanan kemudian dinaikkan secara perlahan – lahan sampai mencapai tekanan pengujian. Setelah mencapai tekanan pengujian, periksa kebocoran bahan bakar pada ujung nozzle. Bila tidak ada kebocoran berarti nozzle dalam kondisi baik, akan tetapi kalau ada kebocoran berarti perlu diganti komponen di dalam nozzle yang mengalami kerusakan.
Standar pemeriksaan nosel Proses pemeriksaan yang harus dilakukan dari masing-masing baigan dalam injection nozzle yaitu :
·         Pemeriksaan needle valve
Apabila terjadi gangguan pada needle valve, harus dilakukan beberapa langkah pemeriksaan, yaitu :
ü  Bersihkan dan rendam nozzle dengan bensin.
ü  Geser needle untuk memastikan bahwa pergerakannya cukup halus.
ü  Tarik vertikal ke atas needle valve sekitar 1/3 langkahnya dan apakah valve tersebut terjatuh akibat beratnya sendiri.
ü  Bila tidak kembali, maka injection nozzle harus diganti.
Hal – hal yang harus diperhatikan sebelum menguji nozzle adalah :
ü  Pada saat menguji nozzle, janganlah mengarahkan pengabutan bahan bakar ke arah orang yang sedang memeriksa atau melihat proses penyetelan, akan tetapi nozzle diarahkan ke bawah.
ü  Saat terjadi pengabutan bahan bakar pada nozzle, jangan menahan lubang nozzle dengan jari tangan karena tekanan pengabutan sangat kuat.
Sebelum mengadakan pengujian dan penyetelan injection pressure, nozzle dipasang pada nozzle tester dan dioperasikan beberapa kali untuk mengeluarkan udara yang ada dalam nozzle tester tersebut. Langkah selanjutnya yaitu :
ü  Operasikan nozzle tester dengan kecepatan yang telah ditentukan untuk mencapai standar injection pressure (180 kgf/cm2).
ü  Jika injection pressure belum memenuhi standar yang dibutuhkan, maka perlu menambahkan atau mengurangi shim dalam nozzle. Perubahan ketebalan shim 0,05 mm, akan merubah injection pressure 5 kgf/cm2. Setelah memasang shim pada nozzle, periksa kembali injection pressure pada nozzle tersebut hingga mencapai angka yang dibutuhkan.
Kesimpulan Kondisi nosel yang baik menjamin perkabutan BBM . bentuk-bentuk pengkabutan.Nosel yang rusak tidak dapat menghasilkan pengkabutan BBM  yang baik.BBM yang keluar dari perkabutan berbentuk bintik-bintik yang relative besar dan tetesan pada ujung nosel. Bila penyemprotan /injeksi tidak dapat bekerja dengan baik,maka perkabutan dan pembakaran yang terjadi tidak sempurna.
4.      Memeriksa  Pneumatic Governor Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000
Menurut mekanismenya,governor dapat dibagi dua yaitu jenis pneumatic dan jenis centrifugal dan menurut fungsinya dapat dibedakan antara jenis kecepatan tertentu dan jenis semua kecepatan. diatur menurut posisi control rack yang diatur oleh governor.Seperti ditunjukkan pada gambar, governor terdiri dari dua ruangan yang dibatasi oleh diafragma, ruang A dihubungkan oleh selang ke venturi yang menghadap ke saringan udara dan ruangan B dihubungkan ke intake manifold atau ke venturi tambahan.
Tujuan pemeriksaan Pneumatic Governor yaitu untuk mengetahui pemberian Jumlah bahan bakar yang disemprotkan sesuai dengan beban mesin.Alat penyetelan engine idling pada governor dengan menggunakan angle scale.
Cara pemeriksaan Pneumatic Governor yaitu Periksa pipa Vakum bila sambungan terlepas atau ada kebocoran  udara dalam pipa mengakibatkan putaran mesin tinggi.Pasang sambungan jika terlepas,ganti pipa jika pecah ( berlubang ).
Salah satu gangguan yang terjadi pada governor adalah flyweight tidak berfungsi secara efektif. Antara flyweight dan camshaft harus memiliki clearance. Pemeriksaan yang harus dilakukan yaitu dengan membongkar flyweight terlebih dahulu. Langkah pemeriksaan Hasil Kesimpulan.
5.      Memeriksa Automatic Timer Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000
Injection timming berubah-ubah secara otomatis sesuai dengan kecepatan putaran engine. Automatic timer dipasangkan dengan kuat pada injectioan pump camshaft dengan round nut sebagai pengikatnya,dan digerakkan oleh idler gear yang dihubungkan dengan injection pump gear.
Tujuan pemeriksaan Automatic Timer yaitu mengetahui gerakkan camshaft pada arah putaran untuk merubah injection timming dan untuk mengurangi atau menambah jumlah injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar.
Alat yang digunakan untuk pemeriksaan Automatic Timer yaitu yaitu kunci pas atau ring 8,9,12,13,16,17.
Kesimpulan injection pump gear pin tidak dapat bergerak sebab berpasangan dengan gear, dengan demikian timer hub pin akan terdorong pada arah putaran selama terdorong oleh timer spring yang menggerakkan camshaft pada arah putaran untuk merubah injection timming.
E.     Troble shooting
NO
GEJALA
KERUSAKAN
SOLUSI
STANDAR
1
engine tak dapat
dihidupkan
Nozzle bocor
Perbaiki atau ganti
menambah atau mengurangi shim (0,1 – 0,4 mm)
2
Engine exhaust berasap dan knocking
Gangguan pada injection pump
Setel

3
Engine tidak mencapai putaran maksimum
Gangguan pada governor
Setel governor spring
dengan mengencangkan
adjusting nut.

4
Engine idling tidak stabil
Gangguan pada injection pump
Perbaiki atau ganti

























SARAN
1.      Kepada masyarakat pengguna kendaraan Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000 diajurkan untuk melakukan pengecekan dan perawatan kendaraan khususnya pada bagian sistem injeksi guna menjamin keamanan dalam berkendara anda.
2.      Perawatan berkala akan mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan-gangguan pada sistem injeksi bahan bakar diesel tersebut. 
3.      Pengecekan awal yang sudah dijelaskan pada bagian trouble shooting harus dilakukan ketika terjadi gangguan pada sistem injeksi bahan bakar untuk memudahkan proses perbaikan.

Daftar  Pustaka :
Daryanto, 2011, Perinsip Dasar Mesin Otomotif, Bandung, Alfabeta
Rabiman, Zainal Arifin, 2011, Sistem Bahan Bakar Motor Disel, Graha Ilmu, Yogyakarta
P.T Toyota Astra Motor, New Step 1 Traning Manual, 1995
P.T Toyota Astra Motor, Step2 Materi Pelajaran Engine Groub