Rabu, 11 Juli 2012

PROPOSAL PENGEMBANGAN USAHA BENGKEL MOTOR


PROPOSAL
PENGEMBANGAN USAHA BENGKEL MOTOR
“PRASETIA MANDIRI”




A.   PENDAHULUAN
Desa Srikaton yang terletak di Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan lokasi yang sangat strategis dan mempunyai prospek usaha yang sangat bagus, karena lokasi tersebut merupakan pusat dari kegiatan ekonomi masyarakat dan pusat dari lalu lintas kendaraan yang akan menuju ke beberapa Kota, baik kota Rejang lebong, kota Kepahyang, Kota Lubuk Seluma dan kota Bengkulu .
Atas dasar inilah, maka Bangkel Motor “Prasetia Mandiri” ini dibangun pada tahun 2008 di Desa Srikaton Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu tengah. Di Kacamatan Pondok kelapa hanya terdapat beberapa Bangkel Motor yang menjadi kompetitor dari Bengkel “Prasetia Mandiri”.
Pada tahun pertama sejak Bangkel Motor Prasetia mandiri” ini dibuka, memang masih sedikit konsumen yang datang ke bengkel ini, sehingga pada tahun 2010 kami berusaha untuk membangun Atap bengkel untuk lebih menartik konsumen datang ke Bengkel kami dengan biaya sendiri. Usaha ini pun membuahkan hasil, konsumen yang datang ke Bengkel kami mengalami peningkatan dari sebelumnya dan beberapa di antaranya menjadi pelanggan.
 Dalam perkembangannya, karena peningkatan kompetitor dan konsumen, akhirnya pada akhir tahun 2011 ini Bangkel Motor Prasetia mandiri” mengalami banyak kekuarangan di bidang fasilitas dan peralatan Bengkel untuk servis Motor. Sehingga pada akhir 2011, Bangkel Motor Prasetia Mandiri” kami ini mengalami penurunan jumlah konsumen dan omzet yang sangat drastis dalam setiap bulannya, dan bahkan seringkali dalam satu hari tidak mendapatkan konsumen sama sekali.
Berdasarkan kondisi inilah, maka dengan ini kami mengajukan proposal Pengembangan Usaha Bangkel Motor Prasetia Mandiri” ini yang merupakan bagian dari Home Industri masyarakat.



B.   GAMBARAN SINGKAT USAHA BENGKEL
Usaha Bangkel Motor Prasetia Mandiri” ini merupakan usaha perseorangan yang didirikan sejak tahun 2008. Usaha Bengkel ini terletak di Desa Srikaton Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu dengan pemilik bernama Haqi Muresywar Saputa.
Sejak dibuka pada tahun 2008, Bengkel ini dijalankan oleh dua orang yang merupakan kakak beradik dalam bangunan Bengkel seluas 72 m2 (8x9).
Biaya pengadaan peralatan dan operasional setiap harinya berasal dari pemilik sendiri dan tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah maupun pihak swasta lainnya. Sehingga pada saat ini Bangkel Motor Prasetia Mandiri” mengalami penurunan yang sangat drastis karena minimnya fasilitas dan peralatan yang dimiliki.

C.   TUJUAN
Beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam pengajuan proposal pengembangan Bangkel MotorPrasetia Mandiri” ini adalah :
  1. Menciptakan lapangan pekerjaan yang madiri dan berkesinambungan.
  2. Membangun ekonomi kerakyatan yang berbasis pada kemampuan sendiri.
  3. Memberikan pelayanan yang prima kepada semua konsumen dan pelanggan Bangkel MotorPrasetia Mandiri””.
  4. Peningkatkan mutu pelayanan dan omzet Bangkel MotorPrasetia Mandiri

D.   NAMA PEMILIK DAN NAMA BENGKEL
Pemilik dari pada bangkel ini adalah Haqi Muresywar Saputra, dengan nama bengkel “Prasetia Mandiri

E.    TEMPAT  USAHA BENGKEL
Kegiatan usaha bengkel ini berlokasi di Jalan Raflesia No.109 Rt 4 Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah



F.    PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
NO
RINCIAN
SATUAN
NOMINAL
1
Air Kompresor
1
Rp.  1.615.000,-
2
Tes Injection
1
Rp   6.000.000,-
3
Hidrolik Motor
6
Rp   28.500.000,-
TOTAL
Rp.  36.115.000,-


G.   PENUTUP
Demikian proposal ini dibuat. Semoga mendapatkan bantuan demi pengembangan usaha kerakyatan dan penciptaan lapangan pekerjaan yang mandiri. Amin.

H.   LEMBAR  PENGESAHAN

Bengkulu, 12 Juni 2012

Mengetahui,

Kepala Desa Srikaton





JOKO WIDODO
Pemilik Usaha Bengkel





HAQI MURESYWAR SAPUTRA








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar